Posted by : Diimaas_w
Senin, 16 Februari 2015
pemanfaatan
internet dalam pemerintahan (e-government)
1. Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat
disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya
kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik
datang kekantor pemerintahan.
2. Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.
Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai
pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan
kekesalan dari semua pihak.
3. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah
diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar
untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah :
jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya dapat
ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah
yang pas untuk anaknya.
4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai
contoh, koordinasi pemerintah dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan vidio
conference. Bagi indonesia yang luas areanya sangan besar, hal ini sangat
membantu. Tanya Jawab, Koordinasi, diskusi antara pemimpin daerah dapat
dilakukan tanpa kesemuannya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak
lagi semua harus terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu
atau dua jam saja.
5. Memperbaiki
kualitas pelayanan pemerintah kepada stakeholder-nya (masyarakat, kalangan
bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja, efektivitas dan efisiensi di
berbagai bidang kehidupan bernegara.6.Meningkatkan
transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam
rangka penerapan konsep Good Corporate Governance.7. Mengurangi secara signifikan
total biaya administrasi relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah
maupun stakeholder-nya untuk keperluan aktivitas seharihari.8.Meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan dunia
usaha dan masyarakat, kerena informasi dapat lebih mudah untuk diperoleh.
9.Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemerintah dengan adanya transparansi kegiatan pemerintah.
10.Meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, yaitu masyarakat dapat dilayani kapan-pun dan dimana-pun, tanpa memandang jam buka kantor, dan bahkan tanpa perlu datang ke kantor pemerintahan
.11.Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui internet, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar.
12.Hilangnya birokrasi yang selama ini seolah-oleh menjadi penghalang bagi masyarakat dalam berhubungan dengan pemerintah, sehingga pelaksanaan pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien.
13. Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara;
14. Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan (bebas KKN);
15. Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang # dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari;
16. Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan;
17.Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada;
18. Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.Meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, pelaku bisnis dan industri terutama dalam hal efektivitas dan efisiensi.
19. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemerintah dengan meningkatnya transparansi kegiatan pemerintah.
20. Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui secara lebih jelas dan mengambil keputusan dengan benar.
21. Mengurangi biaya administrasi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholder-nya.
22. Masyarakat dapat ikut terlibat sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan kebijakan publik secara merata dan demokratis
9.Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemerintah dengan adanya transparansi kegiatan pemerintah.
10.Meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, yaitu masyarakat dapat dilayani kapan-pun dan dimana-pun, tanpa memandang jam buka kantor, dan bahkan tanpa perlu datang ke kantor pemerintahan
.11.Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui internet, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar.
12.Hilangnya birokrasi yang selama ini seolah-oleh menjadi penghalang bagi masyarakat dalam berhubungan dengan pemerintah, sehingga pelaksanaan pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien.
13. Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara;
14. Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan (bebas KKN);
15. Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang # dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari;
16. Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan;
17.Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada;
18. Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.Meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, pelaku bisnis dan industri terutama dalam hal efektivitas dan efisiensi.
19. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemerintah dengan meningkatnya transparansi kegiatan pemerintah.
20. Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui secara lebih jelas dan mengambil keputusan dengan benar.
21. Mengurangi biaya administrasi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholder-nya.
22. Masyarakat dapat ikut terlibat sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan kebijakan publik secara merata dan demokratis
23.
Membantu pemangku kepentingan berbagi
informasi dan ide, untuk kemudian berkontribusi dalam menentukan hasil
kebijakan. Misalnya, informasi dapat mendorong penggunaan program pelatihan dan
pendidikan serta proses berbagi informasi antara pemerintah pusatdan daerah
untuk memfasilitasi kebijakan lingkungan.
24. Membantu meningkatkan efisiensi tugas operasi administrasi publik. Aplikasi berbasis internet dapat melakukan penghematan pengumpulan dan transmisi data, serta penyediaan informasi dengan pelanggan.
24. Membantu meningkatkan efisiensi tugas operasi administrasi publik. Aplikasi berbasis internet dapat melakukan penghematan pengumpulan dan transmisi data, serta penyediaan informasi dengan pelanggan.
25. Membangun
kepercayaan antara pemerintah dan warganya sangat fundamental bagi pemerintahan
yang baik. membangun kepercayaan dengan memungkinkan keterlibatan warga dalam
proses kebijakan, mempromosikan pemerintah yang terbuka dan bertanggung jawab
serta membantu mencegah korupsi.
26. Dapat digunakan sebagai media internet untuk menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien melalui situs website yang khusus untuk menyalurkan Aspirasi Masyarakat. Kegiatan para pejabat biasanya sibuk. Sekarang, para pejabat dapat menerima aspirasi masyarakat dengan mudah dan cepat dengan cara membuka website khusus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.
27. Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan. Saat ini masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dengan mudah dengan cara menyampaikan aspirasi tersebut melalui portal atau website khusus milik pemerintah.
28. Melalui perantara Media Internet Antara pemerintah dan masyarakat dapat terjadi hubungan yang berkesinambungan berkat website yang dikelola pemerintah
29. Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien berkat website yang dikelola pemerintah· Pemerintah lebih terbuka terhadap masyarakat dan KKN lebih terawasi masyarakat Dengan adanya website milik pemerintah, masyarakat tidak merasa ragu-ragu terhadap jalannya pemerintahan karena berbagai laporan mengenai jalannya pemerintahan terdapat di website tersebut.
30. Melalui media Internet dapat dimanfaatkan untuk Mengundang turis baik turis domestik maupun turis mancanegara website yang dikelola pemerintah, menyediakan halaman mengenai objek wisata di daerahnya.
31. Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri. Berkat website yang dikelola pemerintah, para investor dapat melihat-lihat sesuatu yang dapat dinvestasikan.
32. Internet dapat digunakan sebagai media untuk berkampanye. Kampanye sebaiknya dilakukan melalui internet. Karena selain tidak mengganggu ketertiban, dan berkampanye di internet juga lebih efektif dan lebih efisien.
33. Mealalui internet terdapat Fasilitas Teleconference Melalui fasilitas Teleconference ini, pemerintah dapat mengadakan konferensi dengan lebih efektif dan efisien, tanpa memerlukan banyak uang dan waktu.
34. Internet Juga dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang Hasil Pemilu secara Online dan Real Time contohnya di wesite http://www.kpu.go.id dan http://www.hasilpemilu99.or.id dan sebaginya hal ini tentunya memberikan sifat keterbukaan (Transparansi) pada proses perhitungan Hasil Pemilu.
35. Mempermudah Koordinasi Kegiatan dalam sebuah instansi pemerintah biasanya dilakukan melalui rapat koordinasi. Dengan adanya internet seorang atasan dapat memberikan instruksi (perintah) kepada para staf melalui sistem administrasi elektronik dengan memanfaatkan internet. Demikian pula sebaliknya para staf dapat meminta surat tugas atau memberikan laporan kepada atasan tanpa harus bertemu secara langsung.
36. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya misalnya data tentang sekolah, rumah sakit dan lain-lain.
37. membantu meningkatkan transparansi dalam proses pengambilan keputusan dengan memudahkan informasi untuk dapat diakses – mempublikasikan debat dan rapat, anggaran dan pengeluaran, hasil dan alasan pemerintah untuk mengambil suatu keputusan penting, dll.;
38. membantu meningkatkan efisiensi tugas pemrosesan massal dan operasi administrasi publik. Aplikasi berbasis internet dapat melakukan penghematan pengumpulan dan transmisi data, serta penyediaan informasi dan komunikasi dengan pelanggan. Efisiensi yang signifikan di masa mendatang dilakukan melalui proses berbagi data antara pemerintah.
26. Dapat digunakan sebagai media internet untuk menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien melalui situs website yang khusus untuk menyalurkan Aspirasi Masyarakat. Kegiatan para pejabat biasanya sibuk. Sekarang, para pejabat dapat menerima aspirasi masyarakat dengan mudah dan cepat dengan cara membuka website khusus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.
27. Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan. Saat ini masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dengan mudah dengan cara menyampaikan aspirasi tersebut melalui portal atau website khusus milik pemerintah.
28. Melalui perantara Media Internet Antara pemerintah dan masyarakat dapat terjadi hubungan yang berkesinambungan berkat website yang dikelola pemerintah
29. Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien berkat website yang dikelola pemerintah· Pemerintah lebih terbuka terhadap masyarakat dan KKN lebih terawasi masyarakat Dengan adanya website milik pemerintah, masyarakat tidak merasa ragu-ragu terhadap jalannya pemerintahan karena berbagai laporan mengenai jalannya pemerintahan terdapat di website tersebut.
30. Melalui media Internet dapat dimanfaatkan untuk Mengundang turis baik turis domestik maupun turis mancanegara website yang dikelola pemerintah, menyediakan halaman mengenai objek wisata di daerahnya.
31. Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri. Berkat website yang dikelola pemerintah, para investor dapat melihat-lihat sesuatu yang dapat dinvestasikan.
32. Internet dapat digunakan sebagai media untuk berkampanye. Kampanye sebaiknya dilakukan melalui internet. Karena selain tidak mengganggu ketertiban, dan berkampanye di internet juga lebih efektif dan lebih efisien.
33. Mealalui internet terdapat Fasilitas Teleconference Melalui fasilitas Teleconference ini, pemerintah dapat mengadakan konferensi dengan lebih efektif dan efisien, tanpa memerlukan banyak uang dan waktu.
34. Internet Juga dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang Hasil Pemilu secara Online dan Real Time contohnya di wesite http://www.kpu.go.id dan http://www.hasilpemilu99.or.id dan sebaginya hal ini tentunya memberikan sifat keterbukaan (Transparansi) pada proses perhitungan Hasil Pemilu.
35. Mempermudah Koordinasi Kegiatan dalam sebuah instansi pemerintah biasanya dilakukan melalui rapat koordinasi. Dengan adanya internet seorang atasan dapat memberikan instruksi (perintah) kepada para staf melalui sistem administrasi elektronik dengan memanfaatkan internet. Demikian pula sebaliknya para staf dapat meminta surat tugas atau memberikan laporan kepada atasan tanpa harus bertemu secara langsung.
36. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya misalnya data tentang sekolah, rumah sakit dan lain-lain.
37. membantu meningkatkan transparansi dalam proses pengambilan keputusan dengan memudahkan informasi untuk dapat diakses – mempublikasikan debat dan rapat, anggaran dan pengeluaran, hasil dan alasan pemerintah untuk mengambil suatu keputusan penting, dll.;
38. membantu meningkatkan efisiensi tugas pemrosesan massal dan operasi administrasi publik. Aplikasi berbasis internet dapat melakukan penghematan pengumpulan dan transmisi data, serta penyediaan informasi dan komunikasi dengan pelanggan. Efisiensi yang signifikan di masa mendatang dilakukan melalui proses berbagi data antara pemerintah.